Skip to main content

KOORDINASI KEGIATAN UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS VOKASI UNY

berita1_1

Fakultas Vokasi (FV) merupakan baru yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta. FV di pimpin oleh Prof. Dr. Komarudin, M.A. sebagai Dekan dan dibantu oleh 3 orang Wakil Dekan (WD). FV memiliki 14 prodi Sarjana Terapan (D4) yang dikumpulkan dari beberapa fakultas menjadi 6 departemen. Departemen di fakultas vokasi terdiri dari: 1) Dept. Teknik Elektro dan Elektronika; 2) Dept. Teknik Sipil; 3) Dept. Teknik Mesin dan Otomotif; 4) Dept. Ekonomi dan Bisnis; 5) Dept. Keolahragaan dan Kesehatan; dan 6) Dept. Teknik Boga, Busana, dan Rias. Dari berbagai departemen tersebut, maka untuk menunjang dan meningkatkan kualitas setiap prodi maka FV membentuk sebuah Unit Penjaminan Mutu (UPM) yang terdiri dari Gugus Penjaminan Mutu (GPM) tiap prodi. UPM FV di pimpin oleh Wisnu Rachmat Prihadi, M.Pd di bawah pengarahan WD bidang Akademik yaitu Dr. Ir. Sutopo, S.Pd., M.T.

Pada 8 Maret 2024 UPM melaksanakan rapat koordinasi secara luring di Gedung Layanan Akademik (GLA) FV dengan di pimpin oleh bapak WD bidang Akademik. Pada kesempatan tersebut disampaikan oleh beliau bahwa UPM harus menjadi tim yang solid dalam menunjangan visi dan misi Fakultas Vokasi Menjadi Fakultas Vokasi Kelas Dunia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompeten. Selanjutnya koordinasi di pandu oleh ketua UPM, beliau menyampaikan bahwa UPM perlu dibentuk divisi Pengembangan Mutu dan Audit Monev dalam menjalankan kegiatan penjaminan Mutu. Setiap divisi terdiri dari GPM prodi yang harus secara solid dan sinkron saling bekerja sama. Divisi Pengembangan Mutu terdiri dari 7 GPM yaitu: D4 Teknik Elektro, Usman Nursusanto, M.Pd; D4 Teknik Elektronika, Ir. Oktaf Agni Dhewa, S.si., M.Cs; D4 Teknik Otomotif Kurniawan Sigit Wahyudi, M.Pd; D4 Teknik Mesin, Komar Roni, M.T.; D4 Pengobatan Tradisional Indonesia, Dr. Farid Imam Nurhadi, M.Or; D4 Pengelolaan Usaha Rekreasi, Ratna Kumala Setyaningrum, M.Or; dan D4 Promosi Kesehatan, Sri Ayu Wahyuti, M.Pd. Sedangkan Divisi Audit dan Monev terdiri dari 7 GPM dari prodi D4 lainnya yaitu: Tata Boga, Afia Fauziah, M.Sc; Tata Busana, Hanifah Nur Istanti, M.Pd; Tata Rias, Warda Indadihayati, M.Pd; Teknik Sipil, Elviana, S.Pd., M.Eng; Akutansi, Lu’lu’ul Jannah, S.E., M.Si; Administrasi Perkantoran, Danang Setyaramadani, M.B.A; dan Manajemen Pemasaran, Ayu Diana Ansori, S.E., M.B.A.

gambarberita1_2

Wisnu Rachmat Prohadi, M.Pd menyampaikan bahwa pada tahun 2024 UPM akan melaksanakan 13 Program Kerja untuk menunjang pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 13 Program Kerja yang akan dilaksanakan terebut adalah 1) Penyusunan visi misi UPM FV; 2) Pendampingan dan Penyusunan Borang Akreditasi Prodi Lama; 3) Penyusunan Website Penjaminan Mutu Fakultas Vokasi; 4) Penyusunan Laporan Monev Pembelajaran Awal dan Akhir Semester FV 5) Monitoring Pelaksanaan Tracer Study; 6) Penyusunan Laporan Tracer Study; 7) Penyusunan Laporan AMI FV; 8) Monitoring Pengisian Form Kepuasan Civitas Akademika dan Stakeholder; 9) Penyusunan Laporan Kinerja Prodi; 10) Laporan PPEPP Fakultas Vokasi; 11) Panduan Renstra Penelitian dan PPM Fakultas Vokasi; 12 External Benchmarking Unit Penjaminan Mutu FV dengan PTN dalam negeri; 13) Penyusunan Laporan Dekan.

gambarberita1_3

Selain itu, rapat koordinasi ini juga membahas evaluasi kegiatan UPM Tahun 2023 dan rencana terkait rencana akreditasi bagi prodi baru dan re-akreditasi prodi D4 di FV yang akan dilaksanakan 2026. Harapan dari kegiatan koordinasi awal kegiatan ini akan menciptakan suasana kerja yang kompak dan solid antar GPM, tim penjaminan mutu, dan civitas akademika dalam melaksanakan serta meningkatkan penjaminan mutu di fakultas.