Skip to main content

PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN PENGELOLAAN USAHA REKREASI FV UNY

GambarBerita2_1

Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta memiliki 6 Departemen dan 14 Program Studi yang berorientasi menyiapkan Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk bekerja di bidangnya. Sesuai dengan Visi Universitas Negeri Yogyakarta yaitu “Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berkelanjutan”, maka setiap program studi untuk mencapai keunggulan maka harus dilaksanakan akreditasi, yang tentunya harus didukung oleh kreativitas dan inovasi yang berkelanjutan pada penyelenggaraan pendidikannya. Dalam upaya menjamin mutu kualitas penyelenggaraan program pendidikannya, maka dilaksanakan akreditasi. Akreditasi program studi sangat penting karena merupakan penilaian kualitas dan standar pendidikan yang diberikan oleh lembaga pendidikan tinggi. Hal ini penting bagi mahasiswa, orang tua, masyarakat, dan pemberi kerja karena menunjukkan bahwa pendidikan yang diterima mahasiswa adalah berkualitas dan relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat.

Beberapa program studi yang berada di lingkup Fakultas Vokasi, pada tahun 2024 telah melaksanakan akreditasi. Program studi tersebut antara lain adalah Pengelolaan Usaha Rekreasi Sarjana Terapan (D4 – PUR) yang telah mengajukan borang akreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pelaksanaan akreditasi lapangan D4 PUR dilaksanakan pada tanggal 25 -26 April 2024 yang bertempat di Gedung Pusat Layanan Akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan. Demikian upaya Unit Penjaminan Mutu Fakultas Vokasi untuk mengawal proses akreditasi tersebut dilaksanakan dengan pendampingan.

Pendampingan akreditasi tersebut dilakukan sebelum dan setelah kegiatan akreditasi, diawali dengan penyamaan persepsi dan penyusunan dokumen persyaratan akreditasi, hingga pasca kegiatan assesmen lapangan. Kegiatan pendampingan tersebut dilaksanakan baik secara daring maupun luring, hingga nantinya dapat mendapatkan nilai akreditasi yang maksimal.

A screenshot of a computer

Description automatically generated

Selain itu, kegiatan pendampingan juga dilaksanakan dengan mendatangkan asessor internal dari UNY yang akan menilai kesiapan dari dokumen program studi D4 PUR. Kegiatan melibatkan Asessor internal terdiri dari Dr. Kastam Syamsi, M.Ed. dan Prof. Dr. Guntur, M.Pd. dilaksanakan pada Senin, 22 April 2024 yang bertempat di Gedung Pusat Layanan Akademik Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

Wisnu Rahmat Prihadi, M.Pd. selaku ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Vokasi menyampaikan bahwa “Pendampingan akreditasi ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan menginventarisasi segala keunggulan yang dimiliki program studi di Fakultas Vokasi, sehingga nantinya menjadi pembuktian bagi masyarakat bahwa Program Studi di Fakultas Vokasi dapat menyiapkan SDM yang Unggul dan Kompeten di bidangnya”. Harapannya dengan pendampingan ini, semua komponen akan dipersiapkan dengan lebih matang dan tanpa ada yang terlewat sehingga akan memiliki hasil yang maksimal.

Kegiatan Pendampingan ini tidak hanya berhenti pada satu program studi, pada tahun 2026 setidaknya 11 program studi di Fakultas Vokasi akan melaksanakan re-akreditasi. Demikian Unit Penjaminan Mutu Fakultas Vokasi harus tetap mengawal hingga seluruh program studi tersebut mendapatkan hasil yang baik.