Skip to main content

KEGIATAN LAPORAN SURVEI KEPUASAN: UPAYA MELAKUKAN EVALUASI LAYANAN OLEH FAKULTAS VOKASI UNY

evaluasi kepuasan

Unit Penjaminan Mutu Fakultas Vokasi UNY telah sukses melaksanakan agenda workshop Laporan Survei Kepuasan Civitas Akademika pada Kamis tanggal 3 Oktober 2024. Kegiatan tersebut merupakan bentuk upaya fakultas untuk terus memmberikan kepuasan layanan bagi segenap civitas akademika Fakultas Vokasi (FV). Kegiatan yang dihadiri oleh jajaran Dekanat dan anggota Gugus Penjaminan Mutu (GPM) FV UNY tersebut berlangsung di Ruang Sidang Sidang Senat Gedung Layanan Akademik FV.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Unit Penjaminan Mutu FV UNY, Bapak Wisnu Rachmad Prihadi, M.Pd., kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Wakil Dekan Bidang PKUSD, Ibu Dr. Adeng Pustikaningsih, S.E., M.Si. Kegiatan pelaporan dibuka dengan menjelaskan periode Survei Kepuasan Civitas Akademika yang telah dilaksanakan pada pekan survei tanggal 8 – 21 Agustus 2024, serta pengisian melalui sistem survei terpadu UNY, https://www.survey.uny.ac.id. Selanjutnya, dijelaskan bahwa survei kepuasan terdiri dari Survei Kepuasan Dosen, Survei Kepuasan Mahasiswa, Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan, Survei Kepuasan Dosen terhadap Layanan Penelitian, dan Survei Kepuasan Dosen terhadap Layanan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dalam evaluasi, disampaikan hasil yang sangat memuaskan dari survei kepuasan terhadap dosen dan tenaga kependidikan. Hasil yang memuaskan terlihat pada survei kepuasan mahasiswa. Poin penting yang menjadi evaluasi dari keeluruhan survei terhadap dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan adalah kecukupan dan kemutakhiran sarana dan prasarana. Poin tersebut perlu diperhatikan dan diperbaiki agar tercipta suasana belajar yang nyaman dan mendukung efektivitas pembelajaran di FV UNY.

Pada sesi terakhir, disampaikan juga mengenai jumlah responden survei yang perlu ditingkatkan untuk tahun selanjutnya. Unit Penjaminan Mutu perlu mengupayakan sosialisasi yang lebih gencar bagi survei kepuasan civitas akademika untuk meningkatkan jumlah responden. Dengan adanya partisipasi aktif civitas akademika melalui pengisian survei, fakultas dapat mengetahui umpan balik dari dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan mengenai layanan-layanan yang telah diberikan. Umpan balik tersebut merupakan sumber evaluasi yang dapat membantu fakultas mengidentifikasi poin-poin yang memerlukan perbaikan. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam perbaikan layanan menjadi lebih baik lagi.

Sebagai penutup, dilakukan ssesi diskusi mengenai usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan respons survei kepuasan di tahun mendatang. Walaupun terdapat poin yang memerlukan evaluasi, secara keseluruhan, layanan sudah sangat baik dan civitas akademika merasa sangat puas. Diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat agar fakultas dapat melakukan  perbaikan terus-menerus.